Kelompok :
1.
EDWIN SJAM (22211322)
2.
CITRA PUSPA SORAYA (21211674)
3.
BAYU PARDIANSYAH (21211345)
4.
NIA MULYANI PUTRI (25211152)
5.
NURUL AZIZAH HIDAYAH (27211863)
Kelas : 1EB21
TUGAS MINGGU 2 :
- JELASKAN BAGAIMANA CARA MENDIRIKAN (BERIKAN LANGKAHNYA) UKM DENGAN MEMPERHATIKAN FAKTOR PRODUKSI
- BERILAH MASING – MASING SEBANYAK 5 CONTOH RIIL PERUSAHAAN BERDASARKAN LETAK/TEMPAT
- SEBUTKAN DAN JELASKAN DENGAN SINGKAT APA YG MENJADI TUJUAN PERUSAHAAN
- JELASKAN APA YG DIMAKSUD LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL SUATU PERUSAHAN
- APLIKASIKAN SETIAP VARIABEL LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL BAGAIMANA PENGARUHNYA PADA SUATU PERUSAHAN
- JELASKAN PERBEDAAN PRODUCER ORIENTED APPROACH DAN CONSUMER ORIENTED APPROACH
Nomer 1 :
- Manusia/Men : tenaga kerja dan konsumen.
- Uang/Money : modal usaha (kas dan fisik).
- Material/Materials : tanah dan sumber-sumber alam.
- Metode/Methods : ide, inisiatif produktif, pengambilan keputusan, menanggung resiko.
Nomer 2 :
1. Lokasi
perusahaan yang ditetapkan pemerintahLokasi ini sudah ditetapkan dan tidak act seenaknya membangun perusahaan di luar lokasi yang telah ditentukan.
·
kawasan
industri cikarang,
·
kawasan
pulo gadung,
·
kawasan industri krakatau,
·
kawasan
industri daya kencanasia,
·
kawasan
industri lion.
2. Lokasi
perusahaan yang mengikuti sejarahLokasi perusahaan yang dipilih biasanya memiliki nilai sejarah tertentu yang dapat memberikan pengaruh pada kegiatan bisnis.
·
perusahaan
udang di cirebon yang merupakan kota udang,
·
usaha
dibidang pendidikan di yogyakarta yang telah terkenal sebagai kota pelajar,
·
membangun
usaha pondok pesantren di kaliwungu yang telah terkenal sebagai kota santri,
·
membangun
usaha membuat kain batik di pekalongan yang telah terkenal sebagai kota batik,
·
membangun
usaha gerabah di plered yang telah terkenal sebagai penghasil gerabah.
3. Lokasi
perusahaan yang mengikuti kondisi alamLokasi perusahaan yang tidak act dipilih-pilih karena sudah dipilihkan oleh alam.
·
Tambang
emas di cikotok,
·
tambang
aspal di buton,
·
tambang
gas alam di bontang kaltim,
·
tambang
tembaga di tembagapura,
·
tambang
yodium di semarang.
4. Lokasi
perusahaan yang mengikuti actor-faktor ekonomiLokasi perusahaan jenis ini pemilihannya dipengaruhi oleh banyak actor ekonomi seperti actor ketersedian tenaga kerja, actor kedekatan dengan pasar, ketersediaan bahan baku, dan lain-lain.
·
Perusahaan
tambang emas di Freeport
·
Perusahaan
kelapa sawit di Jambi
·
Perusahaan
kapas di Bima
·
Perusahaan
teh di Sukabumi
·
Perusahaan
tembakau di Klaten
Nomer 3 :
a. Tujuan ekonomis
Berkenaan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya.
Contoh : Menciptakan laba, pelanggan, keinginan konsumen, tenaga produk, kualitas, harga, kuantitas, pelanggan (inovatif).
Berkenaan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya.
Contoh : Menciptakan laba, pelanggan, keinginan konsumen, tenaga produk, kualitas, harga, kuantitas, pelanggan (inovatif).
b. Tujuan actor
Perusahaan memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia, actor-faktor produksi, maupun masyarakat luas.
Kedua tujuan tersebut saling mendukung untuk mencapai tujuan utama perusahaan, yaitu memberi kepuasan kepada keinginan konsumen ataupun pelanggan.
Perusahaan memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia, actor-faktor produksi, maupun masyarakat luas.
Kedua tujuan tersebut saling mendukung untuk mencapai tujuan utama perusahaan, yaitu memberi kepuasan kepada keinginan konsumen ataupun pelanggan.
Nomer 4 :
1. Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap
kegiatan perusaan. Lingkungan eksternal meliputi actore-variabel di luar
organisasi yang dapat berupa tekanan umum dan tren di dalam lingkungan societal
ataupun actor-faktor spesifik yang beroperasi di dalam lingkungan kerja
(industri) organisasi. Variabel-variabel eksternal ini terbagi menjadi dua
jenis, yaitu ancaman dan peluang, Lingkungan eksternal perusahaan dapat
dibedakan menjadi :
a. Lingkungan eksternal makro, adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh
tidak langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
• Keadaan alam: SDA, lingkungan.
• Politik dan hankam: kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh
politik dan hankam actor dimana perusahaan berada menciptakan.
• Hukum
• Perekonomian
• Pendidikan dan kebudayaan
• Sosial dan budaya
• Kependudukan
• Hubungan internasional.
b. Lingkungan eksternal mikro, adalah lingkungan eksternal yang pengaruh
langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
• Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
• Perantara, misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian
hasil-hasil produksi ke konsumen.
• Teknologi: yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode,
dll.
• Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.
2. Lingkungan Internal
Lingkungan internal dalah actor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan
langsung mempengaruhi hasil produksi.
Contoh :
• Tenaga kerja
• Peralatan dan mesin
• Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
• Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
• Sistem informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.
Nomer 5 :
- Ekologi(fisik) : Pencemaran udara dan air, limbah sampah.
- Ekonomi : Urbanisasi, pertambahan penduduk, pajak, dll.
- Sosial : Tingkat kriminalitas dan tingkat pengangguran.
- Politik : Pertahanan keamanan.
- Hukum : Keputusan dan transaksi perusahaan.
Nomer 6 :
Producer Oriented
Aproach : Pendekatan
yang berorientasi kepada produsen (seller’s market).
Consumer
Oriented Approach : Pendekatan yang
berorientasi kepada konsumen (buyer’s market).
- Letak dari sumber bahan mentah untuk produksi
- Letak dari pasar konsumen
- Ketersediaan tenaga kerja
- Ketersediaan pengangkutan atau transportasi
- Ketersediaan energi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar