Total Tayangan Halaman

Senin, 12 Desember 2011

KREDIT MEMPERBAIKI NASIB KETURUNAN



Kebutuhan kredit kaum papa terbukti sangat dibutuhkan. Kredit ini tidak hanya mampu membantu masyarakat untuk bangkit dari kemiskinan, namun juga memperbaiki derajat keturunan.
Kenyataannya banyak masyarakat yang ingin maju secara perekenomian, namun tidak terjamah oleh bank, karena tidak memiliki jaminan. Namun, di pelosok desa terdapat kredit usaha yang mampu menggerakkan ekonomi, bagi mereka yang mau maju dan berusaha.
Tidak dipungkiri, salah satu pintu untuk memperbaiki ekonomi adalah membuka usaha. Pada ujungnya hasil usaha itu bisa untuk membiayai pendidikan anak. Pada saat itulah Grameen Bank atau pola bank pedesaan berperan. 
Menurut Direktur Koperasi Karya Usaha Mandiri (KUM) kredit yang digulirkan oleh lembaganya mengadopsi pola Grameen Bank, di mana masyarakat miskin bisa diberikan akses tanpa jaminan. Tetapi bukan serta merta bisa langsung mendapatakan fasilitas kredit. Persyaratannya pun susah-susah gampang, karena melibatkan aspek kejujuran.
"Kemiskinan itu terjadi karena kemalasan. Kami tidak sembarangan memberikan kredit. Harus dilakukan survei yang bentuknya adalah simulasi nyata," ujarnya, di Desa Cidokom, Kampung Cikalong, Kecamatan Rumpin, Bogor.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar